Seni Berbahasa Inggris dalam Poster Contest

Posted on June 20, 2011. Filed under: Hiburan |

karya juara 1 pemenang Poster Contest, tentang "Social Networking"


SOLO  Di tengah kesibukan siswa SMA/SMK dalam menghadapi UAN pertengahan April nanti, program studi Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) mengadakan  Poster Contest SMA/SMK se-Jateng, Jatim dan DIY bertajuk Social Network pada 31 Maret – 1 April 2011 di Gedung E FKIP Lantai 3.

“Acara ini sebagai ajang menunjukkan bakat berbahasa inggris anak-anak SMA/SMK yang dituangkan melalui seni poster”, terang Ajeng selaku penanggung jawab acara. Melalui poster ini mereka diberi kebebasan memilih kata-kata berbahasa inggris dibalur dengan kreativitas seni menggambar disesuaikan tema.

Poster Contest yang merupakan salah satu dari rangkaian acara ESA’S FAIR 2011 ini mengambil tema Social Network. Ajeng menuturkan perihal dunia remaja yang kian dekat dengan dunia internet tak heran menjadi lebih dekat dengan Negara tetangga dibandingkan tetangganya sendiri, menjadi latar belakang munculnya gagasan acara ini.

Para peserta mempresentasikan konsep karyanya mulai pukul 08.00-11.30 dengan pengerjaan poster di rumah masing-masing. “Kami minta peserta menyertakan vcd saat pengerjaan di rumah agar tetap terjaga originalitas karya”, ungkap ajeng di sela-sela kesibukannya merias karya peserta pada papan pameran.

Poster dibuat pada kertas A3, karton, ukuran 29 cm x 40 cm, dengan kebebasan penggunaan alat lukis, serta tidak mengandung unsur pornografi. Ajeng memaparkan beberapa point penilaian diantaranya, dari segi bahasa; diksi; grammar and relation word dengan menghadirkan juri dari Dosen Bahasa Inggris FKIP. Juga juri dari Dosen Seni Rupa FKIP yang menilai point kerapian, pemilihan warna, kesinambungan tema dan gambar.

Lomba yang diikuti 13 peserta ini, pada 6 April menghasilkan keputusan bahwa juara I berhak disandang oleh Opie Meilana dari SMA 5 Surakarta, disusul  M. Rio Ervandra Putra dari SMA 7 Surakarta dan Irma Wijayanti dari SMA 7 Surakarta. Sedangkan untuk juara favorit yang didapatkan dari jumlah “like” terbanyak di Facebook, diperoleh Lisa Ariyani dari SMA 5 Surakarta.

Menurut Ajeng, cukup membayar 50.000 rupiah peserta bisa berpartisipasi dalam ajang ini dengan berbagai hadiah menarik.  Untuk juara I: akan mendapatkan uang senilai 600.000 rupiah, sertifikat dan trophy, Juara II: 500.000 rupiah, sertifikat dan trophy, Juara III: 400.000, sertifikat dan trophy. “Sedangkan untuk juara favorit yang kita ambil dari jumlah liker di Facebook, dengan hadiah senilai 250.000 rupiah, sertifikat dan trophy”, tambahnya.

Ajeng sempat menyayangkan lomba poster ini hanya diikuti SMA/SMK di Soloraya karena beberapa kendala yang dihadapi. Namun, ia tetap bangga karena sebagai acara tahunan dengan konsep baru sudah bisa meraih peserta separuh dari target. (Intan Nur Arifah/D0207062)

About these ads

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: