Alat Penjernih Air Tradisional Dari Bantul

Posted on June 21, 2011. Filed under: Teknologi |

Saat ini muncul keprihatinan atas sumber daya air yang semakin sulit dan kurangnya perhatian pemerintah maupun ilmuwan akan kondisi air tersebut. Maka seorang Soelidarmi (69), seorang ibu rumah tangga asal Bantul, Yogyakarta berinisiatif

alat penjernih air milik Soelidarmi

untuk membuat suatu alat penjernih air yang diharapkan dapat memberikan solusi atas ketersediaan air sehat dengan tepat, cepat, murah, dan sederhana.

Alat penjernih air tradisional yang dibuat oleh Soelidarmi terbuat dari bahan-bahan yang mudah kita temukan di sekitar kita, yaitu kapas filter, arang tempurung kelapa aktif, zeolit aktif, gallon bekas cat tembok dan tutupnya. Alat penjernih air tradisional ini dapat dipasang di bak mandi di bawah kran air.

Selain kegunaan untuk mengatasi air yang tercemar, alat penjenih air tradisional ini juga bisa untuk menjernihkan air hujan ataupun iar sungai yang kotor untuk menjadi air yang siap untuk diminum. Alat ini dapat difungsikan secara manual yaitu dengan menggunakan gayung dan dengan menggunakan tenaga manusia, air menjadi jernih setelah memakan waktu kira-kira 30 menit. Sedangkan jika menggunakan mesin pompa air berkapasitas 900 liter per jam memerlukan waktu 5 menit untuk proses air menjadi bersih. Selain mudah penggunaannya alat ini juga hemat energi, ramah lingkungan, dan mudah perawatannya.

“Semenjak tahun 1981 saya sudah menggeluti air dan segala faktor perusaknya yang mengakibatkan air mengandung seribu satu macam penyakit,” jelas Soelidarmi saat diwawancarai via telepon pada Senin (6/6).

Jika dibandingkan dengan alat penjernih air lain yakni buatan luar negeri, alat penjernih air tradisional milik Soelidarmi memang lebih murah harganya, walaupun demikian kualitasnya tidak kalah dengan alat penjernih air lainnya yang berasal dari luar negeri. Alat penjernih air buatan luar negeri harganya mencapai Rp. 600.000,00 hingga 120.000.000,00. Hal ini jauh dari kemampuan daya beli masyarakat yang sedang mengalami penurunan daya beli akibat kenaikan harga kebutuhan sehari-hari. Sedangkan alat penjernih air buatan Soelidarmi dijual mulai dari Rp 50.000,000, bentuknya pun sangat sederhana, penggunaannya juga sangat mudah, yaitu dengan memasangnya pada kran air maka air yang keluar melalui alat penjernih air ini sudah memiliki kualitas layak minum.

Diharapkan dengan adanya alat penjernih air tradisional ini dapat mempermudah hidup masyarakat Indonesia, karena selain memiliki banyak kegunaan juga harganya pun tidak membebani masyarakat.

“Harapan saya di Indonesia alat penjernih air milik saya ini dapat terus dikembangkan agar bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia,” tambah Soelidarmi.

SYP (D02027100)

About these ads

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: