Kenalan Yuk, Dengan Motif Batik

Posted on June 15, 2011. Filed under: Hiburan |

Untuk anda yang mencintai batik sebagai busana idolanya, tahukah anda kalau batik yang anda pakai juga mengandung makna yang mendalam?

Seperti batik milik perancang ternama Indonesia Nusjirwan Tirtaamidjaja alias Iwan Tirta berikut ini, lahir di Blora, Jawa Tengah pada 18 April  1935 silam, almarhum yang juga merancang batik untuk digunakan sebagai pakaian tradisional yang dikenakan para kepala negara pada pertemuan APEC pada tahun 1994 itu salah satunya.

Dengan beragam motif dan koleksinya, Iwan Tirta akan memberikan informasi pada kita terutama dalam hal makna batik yang ia persembahkan untuk salah satu pembalap tanah air rally internasional Subhan Aksa dan Hade Mboi.

Diawali pada bagian body mobil yang menggunakan motif Buntal Parang Nogo rojo, motif yang menggambarkan kepemimpinan, kemenangan dan keperkasaan bagi pemakainya ini dilukiskan dengan motif parang yang terlihat seperti pisau atau parang yang dipergunakan untuk berperang. Komposisi miring pada parang juga melambangkan kekuasaan, kewibawaan, kebesaran dan gerak cepat sehingga anda yang memakai motif ini diharapkan dapat bergerak dengan cepat pula.

Lanjut pada motif berikutnya yaitu Motif Gurdo Perkoso yang diaplikasikan pada helm sang driver Subhan Aksa, dalam motif yang melambangkan bak seorang raja, Gurdo Perkoso atau dalam bahasa Indonesia disebut juga Garuda Perkasa ini dipercaya sebagai titisan dewa. Motif ini dapat memberikan pengaruh luar biasa bagi para raja yang memakainya dan raja yang memakai batik dengan motif ini, dipercaya dapat bijaksana dalam kepemimpinan dan dalam setiap pengambilan keputusan.

Sudah cukup? ternyata belum! masih ada motif yang dinamakan Nogo Semen, motif ini berasal dari kata sami-samien, yang berarti tunas pada tumbuhan. Secara garis besar, motif semen mempunyai makna bahwa hidup manusia dikuasai oleh sang pencipta. Dengan ornamen naga pada batik yang mengadopsi dari budaya Cina dan agama Budha, motif ini melambangkan kesaktian dan kekuatan yang luar biasa. Jika diartikan, motif Nogo Semen adalah lambang kesaktian dan kekuatan yang dapat mengilhami kehidupan manusia lainnya. Oya, Motif ini juga dipakai oleh sang navigator Hade Mboi.

Selain pada mobil balap, batik-batik rancangannya itu juga mengundang decak kagum pada pemimipin dunia sebut saja Ronald Reagen, George Bush  Nelson Mandela hingga Ratu Elizabeth II di Buckingham Palace dalam bentuk pakaian atau baju.

Yang pasti, dengan khazanah ragam hias diseluruh dunia, sang maestro diatas kain batik ini akan tetap membuat bangga Indonesia terutama para pencinta batik dimanapun berada.

Klst D0207065

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: