Solo Batik Carnival Dijual!

Posted on June 15, 2011. Filed under: Uncategorized |

(13/5) Ditemui di kantornya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo, Purnomo Subagyo mengatakan bahwa penyelenggaraan Solo Batik Carnival (SBC) tahun ini agak berbeda. Mulai dari waktunya hingga kenyamanan yang ditawarkan pada penonton.
Beberapa titik di rutenya, diawali dari Solo Center Point menyusuri jalan Slamet Riyadi hingga Balaikota, akan dijual pada hotel dan perusahaan travel yang ingin memberikan kenyamanan ekstra pada para tamunya.
“Jadi di titik-titik tertentu di Slamet Riyadi akan dibangun sebuah panggung. Lokasi ini tergantung dari keinginan perhotelan atau pihak yang akan menjualnya. Harganya juga terserah mereka. Tapi, standardisasi panggung tetap ada, yaitu kalau sisi Utara tidak boleh melebih garis parkir, sedang sisi Selatan tidak boleh melebihi garis kuning. Ketinggian menyesuaikan,” ungkapnya.
Peminatnya bisa langsung mendaftar ke Disbudpar 1 minggu sebelum SBC dilangsungkan. Hanya saja, ada beberapa ketentuan yang diberikan yaitu penonton yang berada di luar jangan sampai memasuki area panggung, panggung untuk penonton sendiri harus nyaman, dan disediakan lighting yang memadai. Dan kontribusi yang dibayarkan pada Pemerintah Kota Solo, sebesar 5 juta rupiah.
Sampai saat ini, Hotel Best Western serta Novotel telah mengungkapkan ketertarikannya untuk membuat panggung. Novotel berencana akan mematok harga 150-200 ribu rupiah perpaketnya, yang sudah mencakup coffee break dan buffet. Hal ini dilangsir Ika Florentina, selaku Mice & Public Relation Coordinator Novotel Ibis Solo.
Perubahan konsep SBC tahun ini didasari oleh keluhan masyarakat selama ini yang mengaku tidak bisa melihat karnaval secara utuh, dan karena pada penyelenggaraan tahun-tahun lalu, hampir sepanjang jalan yang dilalui arak-arakan SBC, dipadati penonton sehingga peserta tak bisa mengekspresikan daya kreatif dalam bentuk tari secara leluasa. Kata Purnomo.
Walaupun demikian, penonton SBC tetap dapat melihat karnaval ini secara gratis di luar panggung khusus itu.

Klst D0207065
VJ D0207105

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: