Tak Perlu Khawatir Endemi Antraks

Posted on June 20, 2011. Filed under: Kesehatan |

Masyarakat tak perlu merasa khawatir, setelah ditetapkannya tiga kabupaten di Soloraya yakni Sragen, Boyolali dan Karanganyar sebagai wilayah endemi antraks oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Jumat (3/6) .

Kasus antraks baru-baru ini yang melanda Sragen membuat tidak sedikit warga merasa cemas. Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, drh Prabowo menyatakan kasus ini jangan sampai membuat khawatir berlebihan. Sebagaimana dilansir di Solopos.com, “Beberapa wilayah endemi antraks tengah mendapat pengawasan dari kabupaten masing-masing, tegasnya.

Pihaknya telah ada kerjasama yang dilakukan antara Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Sragen dengan Dinas Kesehatan di Yogyakarta. Beragam upaya digencarkan sebagai bentuk ketanggapan pemerintah, salah satunya dengan upaya pengobatan ternak yang terindikasi positif antraks. “Beberapa dokter hewan dan tim kesehatan Yogyakarta diperbantukan guna pengobatan ternak”, tambahnya.

Meskipun pihaknya telah mengupayakan beragam jalan, hal ini tak berarti apa-apa tanpa upaya keras dari masyarakat. Ia menyarankan agar peternak lebih hati-hati dengan hewan peliharaannya. Dengan mengecek kesehatan ternak sebelum menyembelih adalah salah satu jalan antisipasi penyebaran antraks.

sumber: Solopos.com

Ia pun berharap pemerintah kabupaten Sragen segera mungkin menginformasikan Sragen bebas antraks. Hal ini mengingat kepentingan pada pedagang daging local yang dikhawatirkan kalah saing dengan daging impor setelah merebaknya kasus ini. (Intan Nur Arifah, D0207062)

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: