Pesona Tangkuban Perahu di Jawa Barat…!!

Posted on June 21, 2011. Filed under: Luar Kota |

Bandung (18/06) Jika Anda kesulitan berwisata di Bandung, maka cobalah objek wisata Gunung Tangkuban Perahu. Gunung ini terletak 30 km dari kota Bandung. Tempat wisata yang indah ini terletak di daerah Lembang yang kurang lebih 30 menit dari Bandung. Gunung ini salah satu objek wisata menarik di Jawa Barat. Banyak wisatawan asing yang datang kesini.

Nama Tangkuban Perahu sendiri sangat tidak asing dengan sebuah legenda tanah Sunda yang sangat terkenal, yaitu Sangkuriang. Gunung Tangkuban Perahu yang dari kejauhan tampak seperti perahu terbalik, konon diakibatkan oleh kesaktian Sangkuriang yang gagal meyelesaikan tugasnya dalam membuat perahu dalam waktu semalam untuk menikahi Dayang Sumbi yang tak lain adalah ibu kandungnya sendiri. Karena begitu kesalnya tidak dapat menyelesaikan pembuatan perahu tersebut, akhirnya Sangkuriang menendang perahu yang belum jadi tersebut. Legenda tersebut sangat dekat dengan penamaan gunung Tangkuban Perahu.

Pesona gunung Tangkuban Perahu begitu mengagumkan, apalagi disaat cuaca yang cerah, lekukan tanah pada dinding kawah dapat terlihat dengan jelas. Kawah tersebut dapat dinikmati keindahannya yang sangat mengagumkan. Keindahan alam inilah yang menjadikan gunung Tangkuban Perahu menjadi sasaran objek wisatawan yang ingin ke Jawa Barat.

Udara di gunung ini sangat sejuk sekali, hingga ketika kita merasakan airnya seperti air es. Karena Tangkuban perahu merupakan gunung merapi yang masih aktif sampai saat ini, maka dari dulu sudah banyak terjadi letusan yang meninggalkan kawah sisa letusannya. Saat ini kawah-kawah tersebut sudah dijadikan tempat wisata. Kawah-kawah tersebut antara lain Kawah Ratu, Upas, Domas, Baru, Jurig, Badak, Jurian, Siluman dan Pangguyungan Badak. Di antara kawah-kawah tersebut, Kawah Ratu merupakan kawah yang terbesar, dikuti dengan Kawah Upas yang terletak bersebelahan dengan kawah Ratu.  Agus sebagai wisatawan, mengatakan bau yang berada di kawah tersebut adalah bau belerang. Ada juga kawah yang dilarang dituruni, karena bau asapnya mengandung racun.

Mengunjungi Tangkuban Perahu berarti kita telah menikmati wisata alam, wisata lagenda, dan juga wisata belanja. Terdapat para pedagang yang menjual berbagai macam souvenir, makanan, oleh-oleh bandung, dan lain sebagainya. Disini tempat yang pas jika kalian ingin foto-foto atau sekedar ingin naik kuda yang telah disediakan untuk disewa.

Mya (D0207124)

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: