Tak Hormat Bendera, Makar? Hormat Bendera, Syirik?

Posted on June 21, 2011. Filed under: Politik |

Karanganyar (wartasurakarta). Bupati Karanganyar, Rina Iriani, pekan lalu (Selasa, 31/5 red-) mengancam akan menutup dua sekolah berbasis agama SD Islam Sains dan Teknologi (IST) Al Albnai, Matesih dan SMP Al Irsyad, Tawangmangu. Dikarenakan kedua sekolah tersebut enggan melaksanakan upacara bendera dan menghormati bendera Merah Putih. Sebagaiamana dikutip dari Solopos.com, Rina menyatakan bahwa kedua sekolah tersebut tidak mau mengadakan upacara bendera karena hormat bendera sama saja dengan menyembah berhala.

Sampai hari ini (Senin, 6/6 red-), kedua sekolah tersebut masih menolak untuk menlaksanakan upacara bendera dan hormat kepada bendera merah putih. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karanganyar, Sri Suranto menyatakan akan segera menutup operasional sekolah jika tetap menolak melaksanakan peraturan untuk menyelenggarakan upacara bendera. Hal ini sesuai dengan perintah dari Bupati.

Suranto menambahkan, pihaknya akan memanggil seluruh guru di dua sekolah tersebut, Kamis (9/6) mendatang untuk dipertemukan dengan ulama dari Kementrian Agama (Kemenag) Karanganyar. ”Kami juga akan melihat ulang materi kurikulum di dua sekolah tersebut. Kalo ada yang menyimpang dari Kementrian Pendidikan akan ditindak tentunya,” terang Suranto.

Terpisah, Ketua Yayasan Islam Al Irsyad Tawangmangu, Sutardi memberikan penjelasan bahwa pada dasarnya bendera adalah benda mati dan tidak ada bedanya dengan kaian-kain yang lain. Ia menegasakan dalam memberikan pelajaran kepada anak didiknya memang tidak diajarkan untuk hormat kepada bendera. ”Kami menanamkan akidah dan tidak mengajarkan mereka untuk memberikan loyalitas kepada benda mati, jika benda mati dihormati dan mendapatkan loyalitas diatas akidah bisa menimbulkan syirik,” terang Sutardi, Senin (6/6).

Menurut Sutardi nasionalisme dan cinta tanah air tidak hanya bisa diukur dari upacara atau hormat dan tidak hormat pada bendera. ”Terlalu ekskluif jika menilai cinta tanah air dengan hormat bendera. Cinta tanah air bisa dibuktikan dengan kerja kita sesuai bidang masing-masing yang dikuasai,” tambahnya. RDS (D0207021)

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: