Perawatan Agar Laptop Panjang Umur

Posted on June 21, 2011. Filed under: Tips |

Laptop adalah barang elektronik yang sangat sensitif bila tidak di jaga secara baik dan tidak melakukan perawatan dengan benar maka Laptop anda akan sering masuk ke tempat service Laptop.Komponen Laptop juga sangat Mahal di bandingkan dengan Komponen PC. Untuk menghindari merogoh uang saku anda sebaiknya anda melakukan Tips Cara merawat Laptop di bawah ini. : Semoga Bermanfaat

1.  Bersihkan layar secara teratur.

Bersihkan layar secara teratur dengan menggunakan kain yang sangat lembut. Jangan sekali-kali menggunakan kain kasar Kalau anda ingin menggunakan cairan pembersih, cukup anda semprotkan pada kain yang akan anda gunakan untuk membersihkan layar. Selain itu pilihnya  cairan pembersih khusus jangan memakai sembarang pembersih.

2.  Jaga Laptop anda dari Debu dan Cuaca

Hindari pemakaian laptop di tempat yang berdebu misal di jalan raya. Selain itu perhatikan cuaca saat anda memakai laptop, jangan menggunakan laptop di tempat yang ekstrim panas ataupun sebaliknya cuaca yang terlalu dingin.

3. Jangan meletakkan benda-benda berat diatas Laptop.

Bagian Laptop seperti layar dan hardisk sangat rentan terhadap tekanan, karena itu jangan sekali-kali meletakkan benda diatas laptop anda.

4.  Jauhkan Laptop Anda dari peralatan yang memancarkan Arus Magnetik

Hindari memakai Laptop di tempat yang mempunyai tekanan magnetik cukup tinggi. Paling tidak letakkan laptop anda 15 cm dari peralatan seperti televisi, microwave yang mempunyai tekanan magnetik tinggi.

5. Jangan Makan dan Minum di dekat Laptop

Sebaiknya hindari makan dan minum di dekat Laptop. Kalaupun anda terpaksa memakai Laptop sambil makan dan minum, (karena anda berada di Café untuk menikmati hotspot gratis) selalu berhati-hati saja, jangan sampai makanan dan minuman anda mengenai laptop.

6. Perhatikan baik-baik Battery Laptop Anda

Perhatikan selalu indikator batery laptop anda, charge-lah ketika indikator batery benar-benar mau habis (Sekitar 10-5 persen). Kalau anda tidak menggunakan laptop untuk jangka waktu lama, sebaiknya lepaskan batery dari laptop anda setelah sebelumnya dicharge sampai full, kemudian simpan di tempat yang kering, jauhkan dari panas dan debu.

7.  Jangan Sentuh Optik DVD atau CD Drive

Ketika akan memasukan sebuah DVD atau CD sebaiknya berhati-hati, jangan sampai jari anda tanpa sengaja menyentuh optik dari DVD atau CD Drive anda yang akan menyebabkan DVD/CD Drive anda tidak bisa membaca DVD/CD.

8. Jangan terlalu keras dan cepat menekan tombol keyboard.

Jangan lakukan kebiasaan mengetik dengan sangat cepat dengan tekanan yang keras saat menggunakan keyboard di Laptop anda. Karena Keyboard Laptop lebih sensitive dan rentan sekali dibandingkan keyboard biasa.

DYP(D0207049)

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: